Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor honda pada PT. Indako Trading Coy Padangsidimpuan
Main Author: | Ramadhansyah, Ramadhansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/424/1/12%20230%200031%281%29.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/424/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan perusahaan otomotif di Indonesia dengan banyaknya muncul merk sepeda motor yang di jual oleh perusahaan khususnya segmen sepeda motor Honda. Hal ini berpengaruh terhadap penjualan sepeda motor Honda yang penjualannya terpaut jauh dari pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas produk, harga, promosi dan merk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Pembahasan penelitian berkaitan dengan manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bauran pemasaran, yaitu: produk, promosi, harga, tempat dan teori tentang merk serta teori keputusan pembelian. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Pembahasan hasil penelitian menggunakan metode analisis regresi berganda, data diolah menggunakan perhitungan statistic SPSS 22,0. Jumlah reponden sebanyak 95 orang konsumen sepeda motor Honda . Data-data yang diolah dengan uji reabilitas, uji validitas dan uji asumsi klasik diolah dengan program SPSS 22,0 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,195(a) + -0,112 (X1) + 0,484 (X2)+ 0,448 (X3)+ 0,476 (X4) Dimana variabel keputusan pembelian konsumen (Y), konstanta (a), kualitas produk (X1), harga (X2), promosi (X3), merk (X4). Pegujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dari ke empat variabel independen, kualitas produk berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian konsumen dan harga, promosi dan merk berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian melalui uji Fdapat diketahui dari ke empat variabel independen layak menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,659 menunjukkan bahwa 65,9 persen variasi keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 34.1 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel dalam penelitian ini