Pengaruh etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Nasution, Reza Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4209/1/12%20220%200120.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4209/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa terjadinya penurunan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan yang mengakibatkan kurangnya loyalitas nasabah baik melalui produk maupun jasa pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga perlunya untuk meningkatkan etika bisnis Islam kepada nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Faktor utama yang mempengaruhi loyalitas nasabah salah satunya adalah melalui kepuasan pelayanan yang diberikan oleh pihak bank kepada para nasabah. Pelayanan dalam perbankan syariah tentu tidak terlepas dari sorotan etika bisnis Islam. Oleh karena itu, penerapan etika bisnis Islam menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan untuk menjaga dan menciptakan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah etika bisnis Islam mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang loyalitas nasabah dan teori etika bisnis Islam. Loyalitas nasabah berarti kesetiaan nasabah untuk tidak berpindah ke bank lain dan akan tetap setia menjadi nasabah bank yang bersangkutan. Selanjutnya, teori etika bisnis Islam adalah penerapan etika yang berdasarkan prinsip-prinsip Islam yaitu Tauhid, keadilan, kebebasan, tanggungjawab dan transparansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 100 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel etika bisnis Islam mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,802 > 1,290), dan nilai Sig. < 0,1 (0,075 < 0,1). Hasil uji normalitas diketahui dapat dilihat nilai dari Asymp. Sig > 0,05, yaitu 0,128 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 19% variabel etika bisnis Islam mampu mempengaruhi loyalitas nasabah dan 81% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini