Metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Hasibuan, Yulianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4172/1/13%20310%200081.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4172/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat; 2) Mengetahui hasil yang dicapai siswa kelas IX-1 pokok bahasan qanaah dan tasamuh dalam penerapan metode pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara; 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan teori pendidikan tentang metode pembelajaran pendidikan agama Islam dan teori tentang ketuntasan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Simangambat, Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Aek Raru Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Simangambat yaitu dengan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Menghafal, Metode Diskusi, Metode Teladan, Metode Nasihat, Metode Hiwar, Metode Karyawista dan Metode Ganjaran dan Hukuman; 2) Hasil yang dicapai siswa kelas IX-1 yaitu bahwa seluruh siswa dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata siswa adalah 85,75 kategori kemampuan siswa B (Baik), dengan kriteria ketuntasan minimum pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) adalah 75; 3) Adapun kendala guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat yaitu dikarenakan faktor anak didik, faktor sarana dan prasarana, faktor kurikulum, faktor pendidik