Strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Asikoh, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4156/1/11%20310%200165.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4156/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah peraturan di SMP NEGERI 4 Siabu Simangambat sudah diterapkan bahkan ketika apel pagi sering guru memberi nasehat supaya berkelakuan baik dan harus mematuhi peraturan-peraturan yang telah di tetapkan, masuk lokal pada waktunya tidak boleh alpa dalam lokal akan tetapi bagaimana dengan siswa yang sesuai dengan umur yang bertambah dan berfikiran negatif banyak menyalah gunakan waktu dan tingkah laku yang kurang mencerminkan kurang baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, apakah faktor penyebab kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, apa sajakah kendala yang di hadapi oleh guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Maka Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kenakalan siswa, untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan siswa, untuk mengetahui apakah kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kenakalan siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder, kemudian instrument data yang dipakai adalah wawancara, observasi, Jika dilihat dari metodenya penelitian ini adalah penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwas trategi yang dilakukan strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan memberikan bimbingan, mengadakan sholat berjama’ah, memberikan siraman rohani, memberikan hukuman. Faktor penyebab kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat yakni: faktor keluarga, faktor lingkungan, terlambat bangun/rumah yang jauh. Kendala yang di hadap oleh guru pendidikan agama Islam adalah walaupun sering di nasehati tetapi masi ada siswa yang melanggar peraturan, melakukan kenakalan, dan apabila di tegor masi membangkang akan tetapi bagaimana dengan siswa yang sesuai dengan umur yang bertambah dan berfikiran negative banyak meyalah gunakan waktu dan tingkah laku yang kurang mencerminkan kurang baik.