Strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Hannum, Kholidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4135/1/13%20310%200142.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4135/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji tentang strategi guru yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal, dalam hal ini akhlak siswa agaknya kurang baik menurut observasi awal yang dilakukan peneliti di Madrasah Tsaanawiyah NU Batahan, peran guru guru akidah akhlak dalam mengajari, memotivasi dan mengontro lsiswa agar berkembang secara maksimal, berakhlakul karimah yang tercermin dari perilakunya sehari-hari baik dalam ucapan, sikap, dan perbuatan. Masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah,(1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan, (2) Apasaja yang mendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan, (3) Bagaimana dampak strategi yang dari strategi guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan apa strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan, untuk menggambarkan apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan, untuk menggambarkan dampak dari strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisis dengan menggunakan logika ilmiah. Metode penelitian ini dengan metode deskriptif yaitu peneliti yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya. Kemudian data-data dianalisis dengan mengikuti langkah-langkah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dantringulasi. Hasil penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal, maka diperoleh kesimpulan: Strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa tergolong baik, karena guru telah mengajari keteladanan, kedisiplinan, latihan dan pembiasaan. Pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa, pendukung yaitu, keuletan dan ii ketelatenan guru agama yang bersangkutan, kebijakan pemimpin, kemauan keras dari siswa, dukungan dari orang tua. Dan penghambat yaitu, sikap siswa yang acuh tak acuh terhadap nasehat guru, pengaruh lingkungan tempat tinggal, media elektronik, kemampuan ekonomi keluarga. Dampak dari strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa yaitu cukup baik, karena dipengaruhi dengan adanya program-program pembiasaan di Madrasah Tsanawiyah NU Batahan. Dan guru memahami kondisi siswa, menempatkan siswa sebagai subjek pembinaan, pembinaan yang bermula dari guru sendiri, bersikap adil dan tidak pilih kasih diantara siswa, selalu mengajari siswa tentang kedisiplinan dan kesopanan dimana saja berada