Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pengaplikasian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Anita Tohiroh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4126/1/13%20310%200042.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4126/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran yang dijalankan guru PAI dalam proses pembelajaran dan tindakan yang dilakukan guru PAI dalam pengaplikasian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam pengaplikasian RPP di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran di kelas dan bagaimana tindakan guru dalam mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Kemudian manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam pengaplikasian RPP di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan peran guru pendidikan agama Islam dan pengaplikasian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Untuk menelaah permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data pokoknya berasal dari guru pendidikan agama Islam dan sumber data sekunder berasal dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif yang terdiri dari menelaah seluruh data yang dikumpulkan dari sumber data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian peran yang dilaksanakan guru pendidikan agama Islam dalam pengaplikasian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola kelas, demonstrator, pembimbing, motivator, evaluator, korektor dan inspirator. Pengaplikasian RPP yang dilaksanakan adalah pada tahap pendahuluan pembelajaran peran yang dijalankan guru PAI adalah sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan sebagai demonstrator, tahap inti pembelajaran peran yang dijalankan guru PAI adalah sebagai sumber belajar, sebagai pengelola kelas, sebagai pembimbing, sebagai evaluator, sebagai korektor, dan sebagai inspirator, dan pada tahap penutup pembelajaran peran yang dijalankan guru PAI adalah sebagai evaluator.