Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan
Main Author: | Novandri, Rahmat Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4123/1/13%20310%200030.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4123/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, bagaimana komunikasi guru akidah akhlak di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, bagaimana bentuk komunikasi guru akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, Instrument pengumpulan data menggunakan angket, pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan analisis data secara statistik menggunakan rumus product moment dengan sampel sebanyak 41 yaitu 100% diambil dari seluruh siswa aliyah kelas XI dan XII. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, maka data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dengan rumus regresi sederhana. Berdasarkan pengelolaan data yang dilakuakan, komunikasi guru pada katagori cukup, dengan nilai rata-rata 63,23 kemudian hasil belajar akidah akhlak pada katagori baik dengan nilai rata-rata sebesar 72,80, kemudian hasil uji rxy = 0,591 dengan katagori “sedang/cukup’’ ada hubungan yang signifikan antara komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak, koefesien determinan (KD) 35% hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berkontribusi sebesar 35% terhadap hasil belajar. Persamaan regresi Ŷ = 34,913 + 0,601X artinya setiap perubahan skor komunikasi guru sebesar satu satuan dapat dapat diprediksi skor hasil belajar akidah akhlak akan naik sebesar 0,601 satuan pada arah yang sama, berdasarkan hipotesis dapat data dengan menggunakan fhitung=20,924 > Ftabel=4,09 pada taraf signifigan 5%.