Studi perbandingan kualitas pelayanan pada depot air minum isi ulang di R-OXY dan Bintang OXY Kota Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Ulfa Weli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4085/1/13%20230%200133.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4085/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dari penelitian ini adalahkebutuhan air minum yang sehat sangat dibutuhkan oleh semua orang, ditambah lagi peningkatan jumlah penduduk di Kota Padangsidimpuan yang dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan hidup.Dampak positif yang terjadi dengan adanya fenomena ini adalah, semakin terbukanya peluang untuk membuka usaha air minum isi ulang dan semakin memacu usaha-usaha yang terlebih dahulu berdiri di dalam usaha air minum isi ulang untuk berbenah diri baik dari segi tampilan maupun pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada Depot Air Minum Isi Ulang di R-OXY dan Bintang OXY Kota Padangsidimpuan?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan pada Depot Air Minum Isi Ulang di R-OXY dan Bintang OXY Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran.Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan sebagai aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Kualitas Pelayanan adalah seluruh dari fitur suatu produk atau jasa tergantung pada kemampuan pelanggan memuaskan kebutuhan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini juga merupakan penelitian analisis komparatif atau analisis perbedaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 72 pelanggan. Alat analisis yang digunakan adalah uji independent sample T Test. Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil signifikansi 0,000yaitu (0,000<0,1), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji independent sample T test terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada Depot Air Minum Isi Ulang di R-OXY dan Bintang OXY Kota Padangsidimpuan.