Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surah Al-Isra’ ayat 23-25
Main Author: | Pasaribu, Muhammad Donal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4073/1/13%20310%200188.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4073/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Al-Qur’an merupakankalamAllah SWT yang mu’jiz, yang diturunkankepadaNabiMuhammad SAW danRasulterakhir (Muhammad SAW) melaluiperantaraanMalaikatJibril AlQur’an sebagaisumberutamaajaran agama Islam mencakupajarantentangI’tiqad (keyakinan), akhlak (etika), sejarah, sertaamaliyah (tindakanperaktis). Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun skunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti yitu Al-Qur’an. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasala dari AlQur’an, tepatnya pada Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data skunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tafsir tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh Al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam Al-Qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat ditafsirkan, seperti pengertian kosa kata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayatayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Hasil penelitian yang penulis temukan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 yang mana didalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan yang meliputi: (1) Nilai pendidikan perintah, (2) Nilai pendidikan aqidahdanibadah, (3) Nilai pendidikan birrulwalidain (4) Nilaipendidikanlemah lembut, (5) Nilai pendidikan kasih sayang, (6) Nilai pendidikan tawadhu’,(7) Nilai pendidikan pengawasan, (8) Nilai pendidikan kesolehan.