Hubungan profesionalisme dengan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas MTs Swasta Syahbuddin Mustapa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas
Main Author: | Siregar, Mariani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4071/1/13%20310%200184.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4071/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah Sebagai tenaga profesional diharuskan menerapkan sejumlah tehknik dan prosedur kerja dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran penyusunan perangkat pembelajaran merupakan slah satu kompetensi paedagogis yang harus dimiliki oleh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru harus menghindari pendekatan pembelajaran yang monoton, kurang inovatif dan kurang imperovisasi dalam mengajar serta memamfaatkan alat bantu ajar secara optimal. Guru juga diharuskan untuk melaksanakan ulangan harian dan remedial sesuai kebutuhan pembelajaran. Guru dituntut mempunyaoi kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan guru melaksanakan tugas profesionalismenya secara kreatif dan dinamis pembelajaran dapat terlaksana secara kondusif.secara kreatif dan dinamis pembelajaran dapat terlaksana secara kondusif.. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keadaan profesionalisme guru di MTs Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli kecamatan hulu sihapas, untuk mengetahui keadaan kinerja guru di MTs Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli kecamatan hulu sihapas dan untuk mengetahui hubungan profesionalisme dengan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas MTs Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli kecamatan hulu sihapas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasional dengan sampel berjumlah 28 Guru. Angket merupakan alat pengumpulan data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis product moment. Adapun hasil penelitian ini adalah profesionalisme berawal dari diri seorang guru, mulai dari pengetahuan tentang pembelajaran hingga pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan proses kegiatan pembelajaran yang di dukung oleh keaktifan dalam berbagai aktivitas pendidikan. Kinerja guru dapat dilaksanakan melalui perencanaan pembelajaran dan ada hubungan profesionalisme dengan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, karena r hitung (0,800) lebih besar dari r tabel (0,373) pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian hipotesa yang berbunyi ada hubungan yang positif antara profesionalisme dengan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas MTs Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli kecamatan Hulu Sihapas.