Pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Main Author: Nasution, Zulfahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4059/1/12%20230%200213.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4059/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah promosi yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan tidak maksimal sehingga nasabah yang menabung sedikit dan transaksi yang terjadi lebih sedikit. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan. Teori yang digunakan adalah teori strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan dimana strategi promosi dilakukan dengan empat jenis promosi, yaitu : advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity. Dengan demikian strategi dapat meningkatkan volume penjualan tabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 96 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji validitas, ujia reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t), dan uji R square (r2). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan = 6,517+0,478X dan rata R square sebesar 0.472 atau 47,2% variabel strategi promosi mampu menerangkan variabel volume penjualan sedangkan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian uji hipotesis (uji t) menyatakan bahwa thitung > ttabel (9,164 > 1,985) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 < α (0,14) maka Ha diterima. Artinya strategi promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan tabungan.