Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian produk smartphone samsung (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)
Main Author: | Rambe, Fauji Rafsanjani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4037/1/13%20230%200060.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4037/ |
Daftar Isi:
- Produk smartphone samsung diminati dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Dimana pembelian produk smartphone samsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan mengalami peningkatan dibandingkan produk smartphone lain. Sedangkan fasilitas dan fitur yang dimiliki smartphone samsung sama dengan smartphone lain. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian smartphone samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk smartphone samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Landasan teori dalam penelitian ini berkaitan dengan brand image dan keputusan pembelian. Dimana brand image adalah seperangkat ingatan yang ada dibenak konsumen mengenai sebuah merek, baik itu positif maupun negatif, sedangkan keputusan pembelian akan menentukan pilihannya untuk membeli produk yang mempunyai citra yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 1962 mahasiswa dan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 95 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer. Teknik penggunaan data menggunakan angket serta metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS 22.0. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R sebesar 0,461 hal ini menunjukkan hubungan brand image dan keputusan pembelian. Sedangkan R2 sebesar 0,213 atau 21,3 persen, artinya 21,3 persen dipengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan uji signifikan (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image dan keputusan pembelian, yang dibuktikan dengan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,1.