Strategi pemasaran produk tabungan haji arafah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan Dengan Analisis SWOT

Main Author: Nasution, Anita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4034/1/13%20230%200050.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4034/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabungan Haji Arafah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan dan terjadi kenaikan nasabah pada tahun 2011-2012. Namun pada tahun 2013-2016 jumlah nasabah mengalami penurunan semenjak Tabungan Talangan Haji dihapuskan dan salah satu kendala masyarakat adalah besarnya ongkos naik haji dalam mempromosikan produk Tabungan Haji ini pihak bank melakukan sosialisasi kemasyarakat jadi dengan sosialisasi ini pihak bank menjelaskan tentang produk yang ditawarkan yang mana promosi yang dilakukan yaitu dengan menjelaskan kepada masyarakat dengan bertatap muka atau personal salling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Haji Arafah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats),dan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah Manager, Sub Branch Operasional supervisor, Marketing, Teller, dan custome rservice dan nasabah Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan matrik SWOT menunjukkan bahwa PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan memiliki kekuatan yang terdiri dari:, Tabungan Haji Arafah tanpa biaya administrasi, service mengantar calon jemaah Haji, manasik haji gratis, bebas biaya administrasi, asuransi gratis. Kelemahan produk ini terdiri dari: Lamanya daftar tunggu keberangkatan haji, promosi produk masih kurang, sedangkan peluang tabungan ini terdiri dari: Masyarakat yang mayoritas beragama Islam, pertumbuhan pangsa pasar yang semakin tinggi, minat nasabah semakin bertambah untuk menggunakan produk ini, lokasi yang strategis, sedangkan ancaman Produk Tabungan Haji Arafah terdiri dari: Persaingan produk yang semakin ketat, wilayah Kabupaten Mandailing Natal cukup luas. Hasil prosedur analisis terhadap produk Tabungan Haji Arafah adalah berada pada kuadran II (tumbuh dan kembangkan) yang berarti penetrasi pasar jadi produk Tabungan Haji Arafah harus mengusahakan peningkatan pasar.