Upaya peningkatan mutu lulusan pesantren Purbaganal Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang lawas Utara

Main Author: Saleh, Umar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4031/1/13%20310%200204.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4031/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini berawal dari menurunnya kualitas mutu pendidikan di Pondok Pesantren Purbaganal Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara diantaranya mencakup Kurikulum, Metode Pembelajaran, Sarana dan Prasarana, Media Pembelajaran dan Guru sehingga terlihat jumlah penurunan masalah kelulusan mulai 2011 sampai 2015. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana upaya peningkatan mutu lulusan Pondok Pesantren Purbaganal Sosopan? dan apa upaya sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan Pondok Pesantren Purbaganal Sosopan? Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran mutu lulusan Pondok Pesantren Purbaganal Sosopan dan upaya sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu Pendidikan Agama Islam sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan peningkatan mutu lulusan mencakup pengertian mutu lulusan, dasar-dasar program program peningkatan mutu lulusan, indikatror mutu lulusan, prinsip-prinsip peningkatan mutu lulusan dan upaya peningktan mutu luusan . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu kondisi dan suatu yang terjadi masa sekarang. Tujuannya membuat gambaran secara sistematis, faktual tentang phenomena yang diselidiki. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi . Penelitian ini memperoleh hasil bahwa mutu lulusan Pondok Pesantren Purbaganal Sosopan sangat rendah, mencakup: (1) Penentuan kurikulum (2) Peningkatan sarana dan prasarana yang memadai (3) Penguatan pendidikan keagamaan (4) Proses pembelajaran di pesantren purbaganal sosopan dilakukan secara aktif, kreatif dan menyenangkan (5) Perekrutan guru dari alumni pesantren yang memiliki kompetensi ilmu agama,dan diutamakan yang menempuh jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta. Problematika system pembelajaran tersebut memiliki dampak terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan hasil mutu luusan Pesantren Purbaganal Sosopan. Pesantren tersebut sebagai lembaga pendidikan tradisional mempunyai sistem pembelajaran tersendiri, hal tersebut menjadi ciri khas pembelajaran/metode Pesantren Purbaganal Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.