Penggunaan metode drill (latihan) dalam upaya meningkatkan keterampilan shalat Siswa kelas III SDN 101415 Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola
Main Author: | Pane, Nur Habibah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4029/1/12%20310%200153.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4029/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan keterampilan shalat siswa setelah menggunakan metode latihan pada materi pokok shalat di SDN 101415 Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan shalat siswa setelah menggunakan metode latihan pada materi pokok shalat di SDN 101415 Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah onservasi dan tindakan. Sumber data pada penelitian adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh untuk dikumpulkan langsung dilapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan metode drill pada materi pokok shalat dalam upaya meningkatkan keterampilan shalat kelas III SDN 101415 Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola pada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan keterampilan shalat siswa semakin meningkat pada materi pokok shalat yang membahas tentang gerakan dan bacaan shalat yang benar. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan keterampilan shalat siswa pada materi pokok shalat dapat dilihat berdasarkan dari tes awal hingga siklus II pertemuan kedua. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode latihan pada materi shalat dalam upaya meningkatkan keterampilan shalat siswa kelas III SDN 101415 Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola.