Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa studi pada pondok pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Drianto, Drianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4026/1/13%20310%200213.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4026/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah studi awal menunjukkan guru yang bernama Samaruddin memulai proses belajar mengajar dengan membacakan sholawat harian dalam menyampaikan pelajaran akidah akhlak tentang membiasakan akhlak terpuji. Akan tetapi hal ini belum maksimal untuk membina karakter siswa, sebab masih ada siswa yang membolos sekolah, keluar pesantren tanpa izin dan malas dalam beribadah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, apa programprogram yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, mengetahui strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Hubermain. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara. Metode pengujian keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter siswa adalah: strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran afektif, strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran kuantum (Quantum Teaching), strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. 2) Program yang diterapkan guru dalam pembinaan karakter siswa, yaitu: malam bina iman dan taqwa (mabit), pengajian kelas, kegiatan pembinaan keputrian, mentoring