Profesionalisme Guru Matematika di MTsN Sibuhuan

Main Author: Purba, Rizky Sakinah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4004/1/13%20330%200112.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4004/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini melihat dari tanggung jawab guru yang begitu besar maka guru harus memiliki profesionalisme yang tinggi, yang di antaranya adalah profesionalisme guru yang mengacu pada keberhasilan peserta didik. Penelitian terdahulu yang dilihat peneliti dalam penelitian ini adalah bahwa siswa memiliki motivasi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Ada peserta didik yang aktif menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru, ada pula yang tidak aktif. Dalam pembelajaran ada peserta didik yang aktif mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru ada juga peserta didik yang mengobrol dengan peserta didik yang lain. Berdasarkan masalah pembelajaran Matematika yang ada di MTsN Sibuhuan, maka peneliti memfokuskan penelitian pada aspek Profesionalisme Guru Matematika, peneliti beranggapan bahwa kunci keberhasilan suatu pendidikan adalah tergantung pada profesionalisme yang dimiliki seorang guru. Berdasarkan latar belakang di atas maka masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: bertujuan untuk menghetahuai Komitmen guru Matematika untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Sibuhuan. Bakat, Minat, dan Panggilan Jiwa Guru Matematika di MTsN Sibuhuan. Tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan guru matematika di MTsN Sibuhuan. Kemauan dan Semangat guru Matematika untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat di MTsN Sibuhuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Untuk menjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru matematika di MTsN Sibuhuan masih tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari komitmen guru Matematika untuk meningkatkan mutu pendidikan, Disiplin, Tanggung Jawab, serta Kemauan dan Semangat yang Ditunjukkan oleh guru Matematika. Dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan nasional.