Pengaruh motivasi terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas

Main Author: Siregar, Masridawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4002/1/13%20330%200100.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4002/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi belajar siswa sangat rendah sehingga siswa tidak disiplin dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan siswa kurang motivasi dan disiplin dalam belajar dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, bagaimana motivasi mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MtsS Syahbuddin Mustafa Nauli dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, bagaimana motivasi mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MtsS Syahbuddin Mustafa Nauli dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode ex post facto. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan ujit. Selajutnya populasi penelitian ini seluruh kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli berjumlah 46 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,371 dengan demikian hubungan antara kedua variabel “lemah” yang diuji kesignifikannya dengan menggunakan uji-t sebesar 2.650 dimana thitung > ttabel atau 2.650 > 2,015 maka terdapat pengaruh yang signifikan antar variabel motivasi dengan kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, maka hipotesis diterima. Nilai r2 sebesar 0.371 menunjukkan bahwa 13.76 % variabel motivasi memberikan kontribusi atau mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa. Sebanyak 86.24% motivasi siswa dipengaruhi oleh faktorfaktor lain.