Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Madina
Main Author: | Nasution, Abd. Aziz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3982/1/13%20220%200091.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3982/ |
Daftar Isi:
- Sesuai dengan judul “Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Unit Pegadaian Syariah Madina”. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang kurang mengenal Pegadaian Syariah sehingga keputusan masyarakat menjadi nasabah di Pegadaian Syariah menurun. Jika dilihat penduduk Kabupaten Mandailing Natal yang mayoritas beragama Islam seharusnya menjadikan pangsa pasar yang baik bagi lembaga keuangan syariah termasuk Pegadaian Syariah. Namun jumlah nasabah Pegadaian Syariah mengalami penurunan dari tahun 2016 sampai 2017. Oleh karena itu Pegadaian Syariah perlu melakukan promosi dan juga memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menarik simpati nasabah. Penelitian ini menggunakan teori Kasmir yang menyatakan promosi dan pelayanan ikut serta dalam menarik nasabah atau memengaruhi nasabah untuk mengambil keputusan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, pelayanan dan keputusan nasabah. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan secara kuantitatif, dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan maka dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu, angket dengan jumlah sampel 75 responden, selanjutnya untuk pengolahan datanya dilakukan dengan batuan software SPSS versi 23. Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y=2,324+0,255X1+0,381X2+e, dan data R square sebesar 0,376, hal ini berarti 37,6% variabel promosi dan pelayanan mampu menerangkan variabel keputusan menjadi nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Madina, sedangkan sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, promosi memiliki thitung<ttabel dan tingkat signifikansi >α (2,821< 1,933), (0,06 >0,1). artinya promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Pelayanan memiliki thitung>ttabel (5,689>1,933) tingkat signifikansi <α (0,000< 0,1) artinya pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa promosi dan pelayanan memiliki Fhitung > Ftabel (23,272>2,377) dan tingkat signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 <α (0,1) artinya promosi dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.