Problematika pendidikan akhlak anak dalam keluarga muslim di desa Pidoli Lombang Kecamatan Panyabungan Kota
Main Author: | Julianda, Cut |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3938/1/13%20310%200048.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3938/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak di Desa Pidoli Lombang Kecamatan Panyabungan Kota, penanaman akhlak pada anak dapat dikatakan belum sempurna, anak di Desa Pidoli Lombang kurang memiliki sopan santun yang sesuai dengan Islam terutama kepada orangtua, serta berperilaku buruk. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana keadaan pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang, Bagaimana problematikan pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang, apakah solusi dari problematika pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keadaan pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang, untuk mengetahui problematika pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang, untuk mengetahui solusi dari problematika pendidikan akhlak anak dalam keluarga di Desa Pidoli Lombang. Untuk penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara, sumber yang dibutuhkan dan diperoleh dari informan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, disflay data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan pendidikan akhlak pada anak di Desa Pidoli Lombang dapat dikatakan belum sempurna, anak di Desa Pidoli Lombang kurang memiliki sopan santun yang sesuai dengan Islam terutama kepada orangtua, serta berperilaku buruk. Adapun problematika yang dialami orangtua dalam mendidik akhlak anak yaitu orangtua kurang memotifasi penerapan nilai-nilai akhlak dalam keluarga, orangtua kurang memiliki kesadaran dalam mendidik akhlak anak, orangtua kurang bersungguh-sungguh dalam meneladankan nilai-nilai akhlak dalam keluarga , pengetahuan orangtua tentang nilai-nilai pendidikan akhlak anak masih rendah, orangtua kurang memiliki waktu yang cukup dalam berinteraksi dengan anak