Upaya guru dalam program hapalan juz'amma pada murid TK Al-Qur'an Al-Rizky Pudun Jae Kota Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Nur Jannah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3924/1/11%20310%200116.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3924/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran yang diterapkan di taman kanak-kanak (TK) Al-Qur'an Al-Rizky Pudun Jae Kota Padangsidimpuan tidak lepas dari upaya guru dalam program hafal juz'amma, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam program hapalan juz’amma pada murid taman kanak-kanak (TK) Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae Kota Padangsidimpuan, hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam program hapalan juz’amma tujuannya adalah untuk mengetahui upaya guru dalam program hapalan juz’amma pada murid taman kanak-kanak (TK) Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae Kota Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam program hapalan juz’amma. Kegunaannya adalah Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan penulis baik secara teoritis maupun secara praktis dalam masalah upaya program hapalan juz'amma. Sebagai masukan bagi guru-guru / pihak di Tk Al-Qur’an AlRizky Pudun Jae Kota Padangsidimpuan. Pembahasan ini berkaitan tentang belajar Al-Qur'an mulai dari semenjak kecil hingga tiada batasnya karena itu kewajiban orang tuanya masing-masing. Bila anak-anaknya tidak pandai membaca Al-Qur'an itu tidak ada kegembiran yang lebih memuncak nantinya. Rasullullah Saw telah mengatakan : tidak ada suatu keuntungannya bagi seseorang yang telah maenjadikan anaknya pandai membaca Al-Qur'an, kecuali baginya nanti pada hari kiamat akan memberikan suatu mahkota dari dalam surga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian yang terjadi secara fakta. Adapun instrument pengumpualan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dan penelitian maka diperoleh hasil penelitian : upaya guru Juz Amma dalam dalam masalah menghapal yaitu guru terlebih dahulu mengucapkan ayat yang akan dihapal kemudian siswa mengikutinya apa yang diucapkan oleh guru dengan berulang-ulang dengan sepotong-sepotong ayat. Kemudian dalam masalah mendengarkan yaitu guru terlebih dahulu mengucapkan ayat yang akan dihapal kemudia siswa mendengarkannya. Kemudian dalam masalah mengulang-ulang yaitu guru mengucapkan ayat yang akan dihapal secara sepotong-sepotong ayat dengan cara berulang-ulang kemudian siswa mengikutinya dengan cara berulang-ulang juga Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam program hapalan juz’amma antara lain : Tidak semua guru yang di dalam ruang kelas mampu menghapalkan Juz’amma terhadap anak dengan panjang pendek dan makhroj yang baik dan benar.