Peranan guru perempuan sebagai motivator dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan

Main Author: Puspita, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3910/1/1723100187.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan motivasi siswa dalam mengikuti Pendidikan Agama Islam di berbagai lembaga pendidikan. Para siswa MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan sering tdidak memperhatikan pembelajaran, terkadang ada yang tidur ketika pembelajaran berlangsung serta bermain-main dengan temannya ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini membuktikan minimnya motivasi yang dimiliki siswa MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk-bentuk pemberian motivasi guru perempuan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan.2) Peranan guru perempuan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan cara analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk pemberian motivasi guru perempuan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan, yaitu: a). Memberi angka, b). Member ulangan, c). Reward/Hadiah, d). Hukuman. Dari bentuk-bentuk pemberian motivasi guru perempuan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dikategorikan sudah memenuhi standar, namun belum mencapai tingkat sempurna. 2) Peranan guru perempuan sebagai motivator pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Padangsidimpuan bahwa guru perempuan menunjukkan perilaku atapun sikap terbuka kepada peserta didik. Membantu siswa dalam memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada peserta didik. Menciptakan hubungan yang baik dalam berinteraksi dengan peserta didik.