Pengaruh musik Instrumental terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Rizki Khoiriah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/39/1/14.202%2000023.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/39/
Daftar Isi:
  • Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang matematika adalah guru cenderung monoton dalam menguasai kelas sehingga peserta didik kurang leluasa dalam menyampaikan idenya. Siswa mempunyai rasa takut pada guru untuk bertanya apabila kurang mengerti. Akibatnya hasil belajar matematika kurang optimal serta suasana belajar di kelas yang sebenarnya menyenangkan hampir tidak tercipta. Mendengarkan musik-musik instrumental ketika melaksanakan pembelajaran disamping menciptakan kenyamanan dalam belajar juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi serta menciptakan situasi kelas yang menyenangkan bagi sebagian siswa. Musik juga dapat melatih otak untuk melakukan pemikiran yang rumit, meningkatkan konsentrasi, dan menciptakan ketenangan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan musik instrumental terhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 209 siswa. Sampel penelitian ini yakni kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 6 soal materi lingkaran. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 11,4914 > ttabel = 2,021 , sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan musik instrumental terhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan.