Pengaruh penggunaan layanan internet banking terhadap minat nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Yusmiah, Ita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3890/1/13%20220%200061.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3890/
Daftar Isi:
  • Pengaruh penggunaan layanan internet banking merupakan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan alternatif media dalam melakukan transaksi perbankan selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM. Latar belakang penelitian ini adalah dimana jumlah nasabah dari tahun 2012-2015 selalu mengalami penurunan. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena kurangnya informasi dan kurangnya pengetahuan nasabah mengenai layanan internet banking yang di berikan oleh pihak PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan yang belum optimal menggunakan layanan internet banking dari nasabah atau calon nasabah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan layanan internet banking terhadap minat nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan. Tujuan internet banking adalah untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi di bank tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah layanan internet banking dan minat nasabah. Penelitian ini penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Data diolah dengan bantuan program SPSS 22. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t. Hal ini menunjukkan bahwa layanan internet banking mampu menjelaskan variansi variabel minat nasabah sebesar 63,2%, sedangkan sisanya sebesar 36,8% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain diluar variabel yang diteliti. Adapun dengan menggunakan uji t pada tingkat signifikan 10% (0,1) diperoleh hasil 10,795. Hal ini berarti layanan internet banking memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah yang terlihat dari > = 10,795>1,667. Ini berarti semakin bagus layanan internet banking yang dilakukan semakin berminat nasabah menggunakan produk layanan internet banking.