Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Main Author: Sari, Maya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3889/1/13%20220%200066.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3889/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Loyalitas nasabah merupakan aset yang bernilai tinggi bagi perbankan atau perusahaan. Nasabah yang loyal mampu meningkatkan laba melalui peningkatan pendapatan, apabila nasabah puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan, maka akan menciptakan loyalnya nasabah. Namun pada kenyataannya, nasabah bank mengeluh atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank yang tidak sesuai dengan harapan nasabah. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas nasabah dan apakah terdapat pegaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket. Jumlah Responden sebanyak 93 orang nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linier, uji determinasi (R2), regresi linier berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,437 atau 43,7% artinya variabel terikat semakin lemah karena nilai R2 mendekati angka 0. pada uji T menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Dan pada uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan.