Pengaruh nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan jasa gadai di PT. Pegadaian Syariah Sibuhuan

Main Author: Siregar, Nur Jannah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3885/1/13%20220%200117.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3885/
Daftar Isi:
  • Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya setiap lembaga keuangan syariah dalam menjalankan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya selalu diminati dan diinginkan masyarakat seperti yang diharapkan perusahaan. Terbukti, jika harga emas dunia menaik masyarakat lebih memilih menggadaikan emasnya di pegadaian karena nilai taksiran yang tinggi. Akan tetapi jika harga emas dunia menurun masyarakat lebih memilih untuk menjual emasanya di pasar karena nilai taksiran yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial antara nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa gadai, dan untuk mengetahui adakah pengaruh secara simultan antara nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan jasa gadai. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, perusahaan, akademik dan pihak lainnya. Pembahasan penelitian ini tentang nilai taksiran, dan berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Data yang diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan menggunakan perhitungan statistik SPSS 22.0. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t (uji parsial) dan uji f (simultan), uji regresi linier berganda,dan uji determinasi (R2), Berdasarkan hasil penelitan variabel nilai taksiran secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah, hal ini dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis bahwa variabel nilai taksiran memiliki thitung > ttabel (5,255 > 1,666) maka H0 di tolak dan Ha di terima, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah karena thitung>ttabel (2,913 > 1,666) maka H0 ditolak Ha di terima, kemudian variabel nilai taksiran dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah dengan hasil Fhitung > Ftabel (4,753 > 2,36).