Persepsi pedagang kecil di pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum pada pegadaian syariah Sadabuan
Main Author: | Nasution, Eva Lestari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3877/1/12%20220%200144.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3877/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang persepsi pedagang kecil yang ada di Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum yang dikeluarkan oleh Pegadaian Syariah Sadabuan. Produk arrum merupakan produk yang membantu usaha mikro/kecil untuk keperluan modal dalam mengembangkan usaha dengan sistem pengembalian secara angsuran dengan jaminan berupa BPKB dan emas. Dimana, produk ini diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha-usaha kecil yang ada di Pasar Inpres Sadabuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pedagang kecil di Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum di Pegadaian Syariah Sadabuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai persepsi yang mempengaruhi pedagang terhadap Pegadaian Syariah yang mendukung dalam memperoleh hasil penelitian. Teori ini dapat menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah para pedagang yang berada di Pasar Inpres Sadabuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para Pedagang kecil di Pasar Inpres Sadabuan memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap produk arrum, baik dari segi keunggulannya maupun dari segi prosedurnya. Dalam hal ini para pedagang memberikan tanggapan positif terkait keunggulan dan prosedur pada produk arrum namun, dari segi angsuran para pedagang dapat mengalami kesulitan jika keadaan pasar sedang sunyi pembeli. para pedagang yang telah menggunakan produk arrum mengatakan bahwa produk arrum dapat membantu perkembangan usahanya. Persepsi para pedagang Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum dipengaruhi oleh beberapa faktor namun yang paling dominan adalah faktor kebutuhan, dimana para pedagang kecil membutuhkan modal untuk mengembangkan atau menambah barang dagangan mereka dalam memenuhi permintaan masyarakat yang semakin lama semakin meningkat.