Pengaruh Promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Manggis Bukittinggi

Main Author: Suryani, Lely
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3863/1/13%20230%200066.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3863/
Daftar Isi:
  • Unit Pegadaian Syariah Manggis Bukittinggi membantu masyarakat menengah ke bawah dalam mendapatkan pinjaman yang cepat, mudah dan aman, pastinya juga yang berbasis syariah. Beberapa masyarakat kurang mengetahui tentang jasa gadai syariah, kurang mengetahui produk-produk yang ada pada pegadaian syariah. Dilihat dari masyarakat yang masih banyak meminjam uang kepada para rentenir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di unit pegadaian syariah manggis bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di unit pegadaian syariah manggis bukittinggi dan berguna untuk sebagai referensi ilmiah untuk dijadikan bahan masukan untuk peneliti selanjutnya. Promosi adalah alat komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi pelanggan. Keputusan nasabah adalah alternatif keputusan yang dilakukan nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan bank/lembaga keuangan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket serta melalui wawancara terhadap individu yang informasinya diperlukan untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. 2 Hasil uji koefisien determinasi (R ) dapat diketahui bahwa 29,3% variabel promosi mampu mempengaruhi keputusan menjadi nasabah dan 70,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu promosi terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai > (5,789> 1,664).