Pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan

Main Author: Koto, Asna Mahdalena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3857/1/13%20230%200054.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3857/
Daftar Isi:
  • PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang berada dikota Padangsidimpuan. Pada Permasalahan yang terjadi di PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan mengalami banyaknya keluhan pelanggan tentang kerusakan pengiriman barang sesuai dengan data pelanggan pada tahun 2012-2016 di PT. Pos Indonesia terjadi keluhan pelanggan yang fluktuatif, dan yang menjadi rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (persero) Padangsidimpuan dan kegunaan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan yang andal sehingga pelanggan akan merasa puas dalam pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan Keandalan adalah kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang dijanjikan dan terpercaya. Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja jasa yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. semakin berkualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan, semakin tinggi kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara serta melalui angket dan dokumentasi yang digunakan dalam penelitian. Populasi yang digunakan seluruh pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan dan sampel yang digunakan sebanyak 87 responden dengan menggunakan taraf signifikan 10% dan pengolahan data yang digunakan dengan penelitian ini dengan bantuan SPSS Versi 22. 2 Koefisien Determinasi (R ) diperoleh sebesar 46,4% yang menjelaskan bahwa variabel keandalan mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan 53,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (8,581 > 1,663).