Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SD Negeri NO.100628 Janjimanaon Kecamatan Batang Angkola
Main Author: | Dalimunthe, Anggi Nopita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3845/1/12%20330%200049.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3845/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan faktor bilangan, apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitannya, dan apa upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan, dan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru terhadap siswa untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri NO.100628 Janjimanaon yang berjumlah 26 siswa dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan, yaitu tidak memahami langkah-langkah penyelesaian, penyelesaian tidak teliti, siswa tidak mampu mengalikan dan membagikan bilangan dengan baik, tidak mampu menentukan kelipatan dan faktor dari suatu bilangan, serta tidak mampu menentukan kelipatan dan faktor persekutuan dari dua bilangan. Faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu siswa tidak hapal dengan perkalian dan pembagian, siswa tidak memahami materi dasar/prasarat kelipatan dan faktor bilangan, siswa tidak memahami materi kelipatan dan faktor bilangan, siswa kurang latihan dalam mengerjakan soal-soal, serta malas menyelesaikan soal yang membutuhkan penyelesaian yang panjang. Dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan, yaitu guru memotivasi siswa untuk lebih rajin menghapal perkalian dan pembagian, mengingatkan siswa tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi kelipatan dan faktor bilangan, menyusun program perbaikan, dan menekankan kepada siswa untuk sering mengerjakan soal-soal latihan.