Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa MAS Al-Manaar Ujung Gurap Kelurahan Batunadua Kota Padangsidimpuan
Main Author: | Sipahutar, Paida Hamni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3838/1/12%20310%200072.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3838/ |
Daftar Isi:
- Adapun masalah dalam penelitian ini mengemukakan tentang peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pebinaan akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap Kelurahan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Masalah yang menjadi pembahasan adalah tentang latar belakang permasalahan dalam skripsi yaitu siswa memiliki akhlak yang sopan dan menghormati yang lebih tua disiplin waktu dan memberikan salam ketika jumpa dengan guru dan bagaimanakah peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembianaan akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap?Apakah hambatan-hambatan yang dialami guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap Apakah usaha-uasaha yang dilakukan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas peran Guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembinan akhlak siswa MAS Al- Manar Ujung Gurap, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap dan apakah usaha-usaha yang dilakukan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap. Dalam penelitian ini memakai teori syaiful Bahri Djamarah tentang peran Guru pendidik yaitu guru sebagai pendidik, korektor, pembimbing, inspirator, organisator, motivator, inisiator, demonstator, pengelola kelas, mediator dan evaluator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 dan guru mata pelajaran akidah akhlak di MAS Al-Manar Ujung Gurap yang berjumlah10 orang.. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa MAS Al-Manar Ujung Gurap sudah baik. Pembinaan akhlak siswa dilakukan melalui pengawasan pada jam mata pelajaran maupun diluar jam mata pelajaran, memberikan bimbingan keagamaan, pembinaan keagamaan diluar sekolah, keteladanan dengan penanaman uswatun hasanah disekolah, memberikan nasihat yang baik, memberikan hukuman kepada siswa yang tidak berperilaku baik, pemberian reward berupa pujian kepada siswa yang berperilaku baik. Hambatan-hambatan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa adalah tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membina akhlak siswa, terbatasnya pengawsasan pihak sekolah, sikap dan perilaku siswa yang beragam, banyaknya siswa yang ingin diperhatikan dengan berbagai tingkah lakunya agar ditegur oleh guru dan Pembina asrama, kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah, sarana dan prsarana yang kurang mendukung, kurangnya kasih sayang Pembina asrama dan kurangnya pengamalan siswa.