Kepemimpinan kepala sekolah dalam usaha meningkatkan kedisiplinan mengajar guru di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU) Kecamatan Halongonan
Main Author: | Daulae, Rukiyah Mesra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3822/1/12%20310%200080.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3822/ |
Daftar Isi:
- Kepemimpinan merupakan salah satu yang dibutuhkan dalam lembaga pendidikan jadi didalam sekolah harus memiliki kepemimpinan kepala sekolah yang berkualitas serta memilik pencapaian tujuan yang baik, oleh karena itu kedisiplinan mengajar guru sangat berpengaruh kepada usaha kepala sekolah dalam kepemimpinannya. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: bagaimanakah tipe kepemimpinan kepala sekola di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU) ? Bagaimanakah disiplin mengajar guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU) ? Dan Apasaja kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam usaha meningkatkan kedisiplinan mengajar guru di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU) ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah terhadap kedisiplinan mengajar guru di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU), mengetahui disiplin mengajar guru yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU), dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam usaha meningkatkan kedisiplin mengajar guru di MAS Darul Ulum Sipaho (PEMADU). Jenis penelitian ini ialah jenis penelitian metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dan instrument dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti menyimpulkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah ialah pemimpin yang demokratis yaitu pemimpin selalu mengadakan musyawarah dengan guru untuk meningkatkan cara mengajar guru yang efektif dan efisien. Serta kepala sekolah melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin yang berkualitas baik. Dan disiplin mengajar guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu guru tepat waktu masuk kekelas serta membuat RPP, media pembelajaran selanjutnya kendala kepala sekolah yaitu kurangnya kesadaran guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar serta kurangnya guru dalam mengikuti tata tertib yang berlaku.