Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar bangun ruang di kelas VIII-A MTsS Nurul Huda Hiteurat Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Harahap, Imatul Khoiriah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3777/1/13%20330%200056.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3777/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru kurang bervariasi. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok Bangun Ruang di kelas VIII MTs Nurul Huda Hiteurat Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Hiteurat Kabupaten Padang Lawas Utara. Dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 33 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Hasil angket motivasi siklus I pertemuan ke-1 diperoleh 62,50% menunjukkan motivasi siswa rendah dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 68,58 dengan persentase ketuntasan 54,55%, pada pertemuan ke-2 hasil angket motivasi siswa diperoleh 71,22% dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 73,97 dengan persetase ketuntasan 66,67%. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil angket motivasi diperoleh 77,65% menunjukkan motivasi siswa sudah baik dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 80,91 dengan persentase ketuntasan 75,76% menunjukkan hasil belajar siswa juga sudah baik, pada pertemuan ke-2 hasil angket diperoleh 88,64% menunjukkan motivasi siswa sangat baik dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 83,76 dengan persentase ketuntasan 84,85% menunjukkan hasil belajar siswa sangat baik.