Pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu

Main Author: Siregar, Sarra Mahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3735/1/13%20330%200114.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3735/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya pengawasan guru dan orangtua dalam mengontrol anak menggunakan media sosial baik waktu jam pelajaran berlangsung di sekolah maupun pada saat di rumah, yang mengakibatkan tinggi rendahnya prestasi belajar anak. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 76 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan samples ecara keseluruhan. Dengan demikian sampel penelitian sebanyak 76 siswa. untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi (product momen), dan regresi linier sederhana. Berdasakan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Dimana rhitung sebesar 0,498 > rtabel ( pada taraf kesalahan ditetapkan 5%, dan N = 76-2 = 74 sebesar 0,228, ternyata rhitung > rtabel (0,498 > 0,228). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu yang disebabkan oleh variabel X terhadap Y dilihat dari persamaan regresi linier yaitu Y = 82,361 – 10,337X. Persamaan regresi Y atas X tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X akan mengakibatkan -10,337 unit Y. Dengan demikian determinasi 25% sehingga analisis tersebut berarti atau signifikan.