Pengaruh metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis Kecamatan Angkola Barat

Main Author: Harahap, Herina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3725/1/13%20330%200091.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3725/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika dan kurangnya keinginan siswa dalam belajar Matematika sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan pecahan, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian guru terhadap pemahaman konsep dan kurang efektif, sehingga siswa beranggapan bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu metode yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa adalah menggunakan metode kerja kelompok dengan flash card sebagai metode dalam proses pembelajaran yang dapat membantu proses belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis kecamatan Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdistribusi normal, yaitu untuk pretest hitung = 2,8 dan untuk posttest hitung = 5,22 dan tabel = 7,815 dan karena hitung < tabel maka data berdistribusi normal. Dan hasil uji homogenitas varians yaitu 1.015326 dan Ftabel = 2.084189 karenaFhitung < Ftabel maka keduanya homogeny(sama). Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 6,452 > ttabel = 2,080, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis kecamatan Angkola Barat.