Pengaruh metode demonstrasi menggunakan media model kancing terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian bilangan tiga angka di kelas III SD Negeri 100612 Sibulele Kecamatan Batang Angkola
Main Author: | Pulungan, Saidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3723/1/13%20330%200071.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3723/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi pembagian bilangan tiga angka. Dalam survei awal diperoleh informasi bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika tersebut adalah faktor pemilihan dan penerapan dalam metode dan strategi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang dimaksud, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian bilangan tiga angka?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian bilangan tiga angka. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data yakni dengan memberikan tes yang berbentuk multiplel choice atau pilihan ganda yaitu pre test dan post test yang masing-masing terdiri dari 15 butir pertanyaan, kemudian dianalisis dengan uji-t. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 100612 Sibulele tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 26 orang siswa. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pembagian bilangan tiga angka siswa dikelas III SD Negeri 100612. Kesimpulan ini didasarkan kepada peningkatan hasil belajar mulai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui metode demonstrasi pada materi pembagian bilangan tiga angka di kelas III SD Negeri 100612. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 0.870 dan ttabel = 0.685, sehingga thitung ttabel yaitu 0.870 0.685 artinya ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pembagian bilangan tiga angka di kelas III (kelas eksperimen) SD Negeri 100612.