Peningkatan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga balok garis bilangan siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi

Main Author: Siregar, Juni Sannita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/1/13%20330%200059.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/
ctrlnum 3721
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/</relation><title>Peningkatan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga balok garis bilangan siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi</title><creator>Siregar, Juni Sannita</creator><subject>130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini dapat dilihat pada siswa kelas kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi yang masih kesulitan dalam mempelajari matematika dan menyelesaikan soal-soal khususnya pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dikarenakan guru belum mampu memilih alat peraga yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka apakah alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan di kelas II SDN 101590 Purbabangun yang dilaksanakan 2 siklus dimana dalam 1 siklus 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari hasil belajar yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui alat peraga balok garis bilangan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas II SDN 101590 Purbabangun. Dari hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus I pertemuan 2 yaitu 51,61% meningkat menjadi 77,41%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sampai pertemuan 2 yaitu 80,64% meningkat menjadi 87,09%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa alat peraga balok garis bilangn dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas II SDN 101590 Purbabangun. Kata kunci: alat peraga, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.</description><date>2017-10-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/1/13%20330%200059.pdf</identifier><identifier> Siregar, Juni Sannita (2017) Peningkatan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga balok garis bilangan siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>3721</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siregar, Juni Sannita
title Peningkatan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga balok garis bilangan siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi
publishDate 2017
topic 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
url http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/1/13%20330%200059.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3721/
contents Latar belakang masalah dalam penelitian ini dapat dilihat pada siswa kelas kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi yang masih kesulitan dalam mempelajari matematika dan menyelesaikan soal-soal khususnya pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dikarenakan guru belum mampu memilih alat peraga yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka apakah alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan di kelas II SDN 101590 Purbabangun yang dilaksanakan 2 siklus dimana dalam 1 siklus 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari hasil belajar yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 101590 Purbabangun Kecamatan Portibi yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui alat peraga balok garis bilangan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas II SDN 101590 Purbabangun. Dari hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus I pertemuan 2 yaitu 51,61% meningkat menjadi 77,41%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sampai pertemuan 2 yaitu 80,64% meningkat menjadi 87,09%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa alat peraga balok garis bilangn dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas II SDN 101590 Purbabangun. Kata kunci: alat peraga, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
id IOS14688.3721
institution IAIN Padangsidimpuan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 513
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan
library_id 57
collection E-Theses IAIN Padangsidimpuan
repository_id 14688
city KOTA PADANG SIDIMPUAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14688
first_indexed 2020-11-08T06:23:29Z
last_indexed 2022-06-11T08:57:20Z
recordtype dc
_version_ 1735329455023325184
score 17.538404