Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas PaI IV Pijorkoling Padangsidimpuan
Main Author: | Pohan, Reza Fahlevi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3684/1/12%20230%200197.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3684/ |
Daftar Isi:
- Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan menyebabkan semakin pentingnya prasarana kesehatan, Puskesmas merupakan salah satu prasarana kesehatan. Puskesmas berupaya meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasien meningkat. Namun pasien masih kurang puas dengan pelayanan di Puskesmas. Rumsan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan. Manfaat penelitian secara teoritis dan praktis. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen, sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 64 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, normalitas,linieritas, dan regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh R square sebesar 0,820 hal ini berarti variabel kualitas pelayanan mampu menerangkan variabel kepuasan pasien Puskesmas Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan sebesar 82%, sedangkan sisanya sebesar 18% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Uji hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan dengan thitung ( 16,828 ) > ttabel ( 1,66 ).