Pengembangan learning trajectory pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan kontekstual di SDN 200512 Padangsidimpuan

Main Author: Syahputri, Ghita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3669/1/1420200009.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3669/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas learning trajectory pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan kontekstual di SDN 200512 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas learning trajectory pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan kontekstual di SDN 200512 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar mengajar matematika. Dalam hal ini learning trajectory yang dikembangkan mengacu pada tujuh komponen pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Sehingga didapatkan learning trajectory yang valid dan praktis digunakan untuk siswa SDN 200512 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian desain research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan alur pembelajaran dengan menyusun aktivitas pembelajaran dalam proses pendesainan dan pengujian yang berulang, dengan aspek utamanya terletak pada proses berulang dalam melakukan eksperimen pemikiran dan pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 200512 Padangsidimpuan dengan subjek ujicoba produk di kelas IV-2 berjumlah 26 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, observasi dan pedoman wawancara serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning trajectory melalui pendekatan kontekstual dikatakan valid dengan nilai 83 dari analisis 3 validator dan praktis dengan nilai 87 dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.