Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Indofood Makmur Tbk
Main Author: | Maisaroh, Maisaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3668/1/12%20230%200064.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3668/ |
Daftar Isi:
- Biaya promosi yang memadai diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya. Prinsip kegiatan promosi tidak semata-mata untuk memperkenalkan produk melainkan termasuk usaha mempertahankan stabilitas volume penjualan produk suatu perusahaan dari ancaman masuknya pesaing akan inovasi dan promosi serta demi untuk meningkatkan omset penjualan. Biaya promosi pada PT Indofood Makmur Tbk pada tahun 2014 sampai 2015 mengalami kenaikan tetapi volume penjualan mengalami penurunan. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualann. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Indofood Makmur Tbk periode 2008 sampai dengan 2015. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi manajemen yang membahas teori-teori yang berkaitan dengan volume penjualan dan juga membahas teori-teori tentang biaya promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data berupa data sekunder yaitu data laporan keuangan triwulan PT Indofood Makmur Tbk yang diakses melalui www.indofoodmakmur.co.id periode 2008 sampai dengan 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 35 sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan (Statistical Product and Service Solution) yang disingkat menjadi SPSS Versi 23. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi memiliki hubungan yang sangat kuat dalam mempengaruhi volume penjualan, hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai R2 yang terbentuk sebesar 0,840. Artinya biaya promosi mampu mempengaruhi volume penjualan sebesar 84%, sedangkan sisanya sebesar 16% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil pengujian regresi diperoleh bahwa biaya promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan yng ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 12,358 > 1,692.