Pengaruh promosi, harga dan produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator di Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Simbolon, Delvia Nora
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3662/1/13%20230%200058.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3662/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini mengenai pengguna kartu seluler lebih dari satu, dimana banyaknya operator seluler saat ini membuat pengguna ponsel semakin mudah menentukan pilihan mana yang dirasa menguntungkan mereka, baik segi tarif, sinyal, jangkauan. Berkembangnya bisnis kartu seluler tentu tidak terlepas dari promosi, harga dan produk yang diberikan kepada konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah promosi, harga, dan produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, dan produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan antara promosi, harga, dan produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Teori yang terkait dengan kegiatan bauran pemasaran dikemukakan oleh Leon Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk adalah berbagai kegiatan bauran pemasaran perusahaan yang berusaha menyampaikan manfaat produk dan jasa mereka kepada para konsumen potensial dan pengaruh sosio budaya di luar pemasaran, yang jika dihayati dengan mendalam akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner dengan jumlah populasi 4117 dan sampel 98 responden. Berdasarkan deskriptif statistik, uji normalitas, uji linearitas, autokorelasi, dan analisis regresi linear berganda, dengan uji simultan(f) dan uji simultan (t) kemudian koefisien determinasi. Hasil penelitian mendapatkan bahwa regresi sebagai berikut: Y= 5,460 + 0,267 Promosi + 1,296 Harga + 0,330 Produk. Berdasarkan hasil analisis data statistik, indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, harga dan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, maka penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa promosi, harga dan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator.