Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih produk tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Afrizal, Rudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3631/1/11%20220%200031.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3631/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan yang cendrung mengalami fluktuasi setiap bulannya selama periode 2014. Oleh karena fluktuasi itulah sudah tentu ada faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah tersebut sehingga. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh faktor kualitas produk, bonus dan religiusitas terhadap minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini bersipat kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dimana jumlah sampel 44 responden yang diambil dari 219 responden populasi. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabel X1, X2, X3 kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Melalui hasil uji korelasi ganda diketahui bahwa hubungan keempat variabel sangat kuat, karena nilai R yang didapat sebesar 0,845 dan hampir mendekati 1. Dalam perhitungan uji F, hasil yang didapat untuk Fhitung = 33,159 dan Ftabel = 2,84. Dengan demikian Fhitung > Ftabel. (33, 159 > 2,84). Uji signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan pengaruh positif dan signifikan ketiga variabel X terhadap variabel Y. Dimana untuk variabel kualitas produk (X1) didapat thitung = 9,029 dimana thitung > ttabel (9,029 > -2,021). Uji t untuk variabel bonus (X2) didapat thitung = 0, 108 dimana thitung > ttabel (0,108 > 2,021). Uji t untuk variabel religiusitas (X3) didapat thitung = 0,772 dimana thitung > ttabel (0,772 > -2,021). Hasil R square sebesar 0,713 hal ini berarti 71,3%. kualitas produk, bonus dan religiusitas mempengaruhi minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil perhitungan regresi berganda, uji F, uji t disimpulkan bahwa hipotesis mayor nol (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh kualitas produk, bonus dan religiusitas terhadapa minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan “ditolak”.