Pengaruh media video pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Hasibuan, Taufik Akbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3611/1/1623100178.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3611/
Daftar Isi:
  • Di SMP N 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, ditemukan bahwa banyak siswa yang belum tuntas dalam pelajaran PAI, mereka kurang berminat dalam proses pembelajaran, oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media video pembelajaran untuk menyelesaikan hasil belajar dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan media video pembelajaran lebih tinggi daripada peserta didik yang di ajar dengan tidak menggunakan media video pembelajaran, (2) hasil belajar siswa dengan minat tinggi yang diajar dengan media video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan tidak mengguanakan media video pembelajaran, (3) hasil belajar siswa dengan minat rendah dengan media video pembelajaran lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media video pembelajaran. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2018/2019, populasi diambil dari peserta didik kelas VIII SMP N 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas dengan menggunakan tekhnik pengambilan sampel secara klaster acak terpilih kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari observasi minat pembelajaran yang sedang berlansung untuk menentukan siswa dengan minat belajar tinggi dan Minat belajar rendah dan tes akhir untuk hasil belajar siswa. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji_t dan ANAVA. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media video pembelajaran, (2) hasil belajar siswa yang minat belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media video pembelajaran, (3) hasil belajar siswa yang minat belajar rendah yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak mengunakan media video pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan media video pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam memberikan hasil positif terhadap peningkatan hasil belajar Siswa daripada penerapan tidak menggunakan media video pembelajaran.