Pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray (ts-ts) terhadap kemampuan pemecahan masalah matemaatika siswa pokok bahasan aljabar kelas VIII MTsN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Daulay, Rizki Fitria Hannum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3568/1/1420200114.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3568/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Sibuhuan. Peneliti mengambil lokasi di MTsN Sibuhuan karna kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong sangat rendah dan guru belum pernah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pokok bahasan aljabar kelas VIII MTsN Sibuhuan kabupaten padang lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pokok bahasan aljabar kelas VIII MTsN Sibuhuan kabupaten padang lawas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Sibuhuan dan sampelnya adalah kelas VIII-2 dan VIII-9. Kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan VIII-9 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dulu peneliti melakukan uji coba instrument untuk melihat tingkat validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah 2,35 dan adalah 1,9887 dengan dk = 94 dan taraf signifikan 5% sebesar 1,9887. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pokok bahasan aljabar kelas VIII MTsN Sibuhuan kabupaten padang lawas.