Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan

Main Author: Daulay, Rita Purnama Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3557/1/11%20220%200030.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3557/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yaitu jumlah nasabah penabung pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan yang cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat karena banyaknya nasabah yang menutup rekeningnya serta banyaknya rekening yang tidak pernah bertransaksi lagi (pasif). Disisi lain jarang sekali nasabah pembiayaan yang sudah lunas mau membuka rekening pembiayaan baru, seandainya mereka membutuhkan pembiayaan lagi maka mereka lebih memilih bank lain. Artinya banyak nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan yang tidak loyal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori-teori ilmu manajemen pemasaran dan ilmu perbankan syariah. Tentunya dilengkapi dengan ilmu-ilmu lain yang berkaitan terhadap topik yang diteliti. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pengolah data kuantitatif dilakukan dengan bantuan statistika. Dalam penelitian ini dilakukan analisis regresi linier sederhana. Pengolahannya dibantu dengan program SPSS versi 17.0. Populasinya sebanyak 767 orang nasabah dan sampel sebanyak 77 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan loyalitas nasabah sebagai variabel terikatnya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan dengan tingkat hubungan yang agak rendah dimana nilai r = 0,453. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,205 = 20,5% yang artinya loyalitas nasabah sebanyak 20,5% dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=19,671 + 0,420 (kualitas pelayanan).