Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian laptop Merek Asus studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Sahra Rezeki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3537/1/1540200103.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3537/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah mengenai harga dan kualitas, harga yang terlalu mahal tidak sesuai dengan kualitas produk, mahasiswa yang menggunakan laptop sehingga tidak mengerti kesesuaian produk dengan harga khususnya laptop. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, citra merek, dan kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian laptop merek Asus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian laptop merek Asus, penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, lembaga tempat penelitian, dan masyarakat umum. Penelitian ini berkaitan dengan pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai harga, citra merek dan kualitas produk dan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam keputusan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 86 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 3,688>1,663, dan untuk citra merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 5,798 > 1,663, dan variabel kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar ,956 < 1,663 sedangkan secara simultan variabel harga, citra merek dan kualitas produk sama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen, dibuktikan dengan hasil perhitungan Fhitung>Ftabel yaitu sebesar 35.824 > 2,15. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, citra merek dan kualitas produk memberi kontribusi sebesar 56,7% terhadap keputusan pembelian, selain itu sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain.