Pengaruh iklan dan citra merek minyak goreng Sunco terhadap keputusan pembelian masyarakat Desa Hutabargot Nauli
Main Author: | Zaynarriyah, Rosmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3533/1/1540200097.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3533/ |
Daftar Isi:
- Salah satu merek minyak goreng yang terkenal saat ini adalah Sunco, dimana masyarakat Desa Hutabargot Nauli lebih memutuskan untuk membeli minyak goreng merek Sunco dibandingkan dengan merek lain, padahal harga minyak goreng Sunco relatif mahal dibandingkan merek lainnya yang bahan dasarnya sama-sama diolah dari kelapa sawit. Masyarakat Desa Hutabargot Nauli terdiri dari 658 Kepala Keluarga dan dari survei yang dilakukan peneliti terdapat 316 keluarga yang menggunakan minyak goreng Sunco. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah iklan dan citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sunco. Teori dalam penelitian ini membahas tentang keputusan pembelian, serta teori mengenai iklan dan citra merek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui iklan dan citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sunco. Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, bagi perusahaan, dan bagi dunia akademik. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan iklan, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah berupa angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini ialah nilai R = 0,790, nilai R Square = 0,623 yang artinya iklan dan citra merek mampu menjelaskan variabel dependen atau keputusan pembelian sebesar 62,3% sedangkan 37,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Iklan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sunco. Variabel citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sunco. Variabel iklan dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sunco.