Interaksi guru dengan siswa hubungannya dengan efektivitas pembelajaran PAI di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Lubis, Nur Mila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3468/1/09%20310%200153.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3468/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah interaksi guru pendidikan Agama Islam dengan siswa di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Bagaimanakah efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Apakah ada hubungan yang signifikan antara interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitaas pembelajaran PAI di MTs N 2 Palopat Pijorkoling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah Mengetahui interaksi guru dengan siswa di MTs N 2 Palopat Pijorkoling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara interaksi guru pendidikan Agama Islam dan siswa dengan efektivitas pembelajaran siswa di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun jenis penelitian ini Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Kuantitatif. Metode kuantitatif adalah suatu metode yang dilakukan dengan menggunakan pengukuran dan analisis pada data-data angka (numerikal) yang diolah secara analisis statistic dan analisis korelasional. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di lapangan, maka interaksi guru dengan siswa ada hubungannya terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dapat disimpulkan: Interaksi guru dengan siswa di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara yang diukur dengan angket ternyata diperoleh sebesar 81,63%, Dengan demikian interaksi guru dengan siswa di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara termasuk pada kategori sangat baik. Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara yang diukur dengan angket diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,27%, Dengan demikian efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara termasuk kepada kategori sangat baik. Hipotesis mengatakan Terdapat hubungan antara interaksi antara guru dengan siswa dengan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dapat diterima. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan vii statistik yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi produck moment dengan perolehan rx y 0,956>ttabel.0,380. Maka ada hubungan antara interaksi guru dengan siswa dengan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung 2,999, sedangkan ttabel secara interpolasi 1,682. Dengan demikian thitung> ttabel maka ada hubungan yang signifikan antara interaksi guru dengan siswa dengan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs N 2 Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.