Pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray (ts-ts) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi pokok himpunan di kelas vii MTs N Sibuhuan

Main Author: Daulay, Mariatul Kiftia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3444/1/113300018.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3444/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Sibuhuan. Peneliti mengambil lokasi ini karena kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah dan guru belum menerapkan model pembelajaran TS-TS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi pokok Himpunan di kelas VII MTsN Sibuhuan”. Serta yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah Siswa materi pokok Himpunan di kelas VII MTs N Sibuhuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN Sibuhuan kemudian yang menjadi sampel adalah kelas VII-1 dan VII-3. Kelas VII-1 sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TS-TS dan kelas VII-3 dijadikan sebagai kelas control yang diajarkan dengan metode ceramah. Instrument dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay. Sebelum tes diberikan di lokasi penelitian terlebih dahulu peneliti melakukan uji coba instrument. Uji coba instrument yang dilakukan bertujuan untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Analisis data yang dilakukan untuk melihat pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksprimen sebesar 82,25 dan kelas kontrol 73,96. Dari rata-rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Setelah dilakukan uji-t dapat diketahui bahwa hasil thitung>ttabel. Hasil thitung dengan dk = 94 dan taraf signifikansi 5% adalah 3,52 dan ttabel sebesar 1,989. pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran TS-TS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di MTsN Sibuhuan. Dengan demikian model pembelajaran TS-TS sangat bagus diterapkan untuk kelas yang memiliki kondisi yang sama dengan kelas VII MTsN Sibuhuan.