Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair shure terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Bilmis, Fiqka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3433/1/113300012.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3433/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.Rendahnya keaktifan belajar siswa yang dimiliki siswa salah satunya dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah masih menggunakan pembelajaran yang konvensional atau metode ceramah yang pembelajarannya cenderung monoton dan membuat siswa pasif dalam belajar dan kurang termotivasi dalam belajar matematika. Dengan demikian peneliti tertarik meneliti pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMPNegeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpembelajarankooperatiftipe thinkpair Share terhadap keaktifan belajar Siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMPNegeri 2 Padangsidimpuan Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui ada tidak nyapengaruhsuatuperlakuan. Populasidalampenelitianadalahsiswakelas VII dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah VII. Instrument yang digunakandalampenelitianiniadalahtes berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes dipergunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba tes untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Kemudian uji analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dianalisa nilai ratarata. Hasil postes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sesudah perlakuan 85. Setelah dilakukan uji-t dapa tdiketahui bahwa hasil thitung>ttabel. Hasil thitung dengan dk =26 dan taraf signifikansi 5% adalah 11,41dan ttabel sebesar 2,054. Jadi peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.